Friday 6 November 2015

Tentang Penyakit ISPA :Gejala,Cara Mengobati, dan Gejala #Darurat Asap #TugasTIK



BAGAS- Assalamualikum Wr.Wb, kali ini saya akan menulis tentang ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut, berhubungan beberapa waktu yang lalu INDONESIA sedang darurat asap yang disebabkan pembakaran hutan secara besar-besaran di seluruh pulau Kalimantan dan Sumatra akibatnya kabut pekat yang sangat berhaya muncul.
          Salah satu dampak kabut asap adalah serangan Penyakit ISPA yang sangat berbahaya terutama bagi anak kecil dan Balita.

          Bagi kalian yang sudah terkana ISPA atau ingin mengetahui gejala ISPA dan cara mangatasi mari kita baca ulasan berikut :
  • ISPA
                Karena itu Kondisi tersebut dapat menyebabkan fungsi sistem pernapasan teganggung. ISPA jika tidak segera ditangani maka infeksi dapat menjalar keseluruh sistem pernapasan tubuh akibatnya tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen karena infeksi tersebut dan kondisi ini dapat berakibat fatal bahkan dapat mematikan.
                
                ISPA harus dianggap sebagai kondisi darurat, jika mencurigai terjadinya serangan ISPA, segera pergi ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Kondisi ini berpotensi menyebar dari orang ke orang. Bagi yang mengalami kelainan sistem kekebalan tubuh dan juga orang yang lanjut usia akan lebih mudah terserang penyakit ini. Terlebih lagi pada anak-anak, di mana sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya.
                 Seseorang dapat tertular penyakit ISPA ketika orang tersebut menghirup udara yang mengandung bakteri atau virus (contohnya asap kabut, Virus dan Bakteri dikeluarkan tubuh jika seseorang bersin atau batuk. Selain itu cairan yang keluar dan menempel pada suatu bendah dapat menular saat seseorang menyentuhnya yang disebut penularan secara tidak langsung. Agar tidak tertular sebaiknya mencuci tangan secara terartur terutama saat setelah melakukan aktivitas di tempat umum
  • Gejala-gejala ISPA     ISPA akan menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut :
    • Sering kelelahan
    • Paru-paru terasa terhambat
    • Hidung tersumbat dan berair
    • Batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit
    • Tubuh merasa sakit
        Saat ISPA semakin parah maka akan muncul gejala sebagai berikut :
    • Demam yang tinggi dan menggigil
    • Tingkat Oksigen dalam darah rendah (dalam Hemogoblin)
    • Kesulitan untuk bernapas
    • Kesadaran menurun bahkan dapat sampai pingsan
  • Penyebab ISPA   Berikut adalah bakteri atau virus yang dapat menyebabkan ISPA
    • Adenovirus. Gangguan pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia bisa disebabkan oleh virus ini yang memiliki lebih dari 50 jenis.
    • Pneumokokus. Ini adalah jenis bakteri yang menyebabkan meningitis. Tapi bakteri ini bisa memicu gangguan pernapasan lain, seperti halnya pneumonia.
    • Rhinovirus. Ini adalah jenis virus yang menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.
    Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh dalam melawan virus dan bakteri yang akan menyerang tubuh. Resiko seseorang terserang virus akan semakin besar jika mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini orang tua dan anak-anak cenderung mudah terinfeksi. Sistem kekebalan anak-anak masih belum sempurna terbentuk.
  • Cara Mendiagonosis ISPA           Untuk mendiagnosis ISPA, dokter akan memeriksa sistem pernapasan Anda. Suara napas Anda akan diperiksa untuk mengetahui apakah ada penumpukan cairan atau terjadinya peradangan pada paru-paru. Hidung dan tenggorokan juga akan diperiksa.

               Pemeriksaan dengan CT scan dan X-ray mungkin diperlukan apabila ISPA yang diderita sudah memasuki tahap lanjutan. Kondisi paru-paru Anda akan diamati dengan kedua prosedur di atas. Prosedur tes fungsi paru-paru dilakukan untuk melihat seberapa jauh pernapasan pasien terganggu dan perkembangan kondisinya. Untuk memeriksa seberapa banyak oksigen yang masuk ke paru-paru, prosedur oksimetri nadi dapat dilakukan. Sedangkan untuk menentukan jenis virus penyebab ISPA, sampel dahak akan diambil untuk diteliti di laboratorium.
  • Cara Mengobati Penyakit ISPA
            
      Untuk saat ini belum ada obat yang efektif untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang manusia. Pengobatan biasanya hanya untuk menurunkan/meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan ISPA.

                   
    Apabila infeksi yang terjadi disebabkan oleh bakteri, serangkaian tes akan dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri. Setelah itu, dokter bisa menentukan antibiotik yang paling tepat untuk membasmi bakteri penyebab infeksi.

                    Penyakit ISPA sangat berbahaya jika dibiarkan, akibatnya sangat serius
    bisa berakibat fatal atau mematikan jika dibiarkan. Komplikasi yang sering kali terjadi bersamaan dengan ISPA adalah gagal napas dan gagal jantung kongestif.
                    
  • Mewasdai adanya ISPA
    Pencegahan adalah cara terbaik dalam menangani ISPA. Berikut ini adalah beberapa pola hidup higienis yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan :
    • Mencuci tangan secara teratur terutama setelah beraktivitas di tempat umum.
    • Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata, agar Anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri.
    • Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin terutama vitamin C. Vitamin sangat membantu dalam meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.
    • Hindari merokok.
    • Ketika Anda bersin, pastikan menutupnya dengan tisu atau tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa menular kepada orang lain.


    dikutip dari : http://www.alodokter.com/ispa
    ditulis ulang oleh : Bagas Tri Wibowo
     

Share this

0 Comment to "Tentang Penyakit ISPA :Gejala,Cara Mengobati, dan Gejala #Darurat Asap #TugasTIK"

Post a Comment